Laundry Kiloan
Laundry services
MARKET OVERVIEW|PELUANG PASAR
Bisnis Laundry Kiloan muncul sekitar tahun 2005 dimana perhitungan nilai jasa cucinya dihitung dalam kilogram. Bisnis Laundry Kiloan ini dirasakan cukup menguntungkan bagi para mahasiswa dan masyarakat ekonomi menengah kebawah.
Di kota-kota pelajar seperti Yogyakarta, Bandung, Depok, Malang,dll. Laundry Kiloan diserbu oleh para mahasiswa, karena ditengah-tengah aktifitas belajar, mereka tidak perlu pusing lagi mengurusi cucian, dengan hitungan jasa per kilogram jauh lebih murah dibanding jenis usaha laundry sebelumnya yang dinilai dengan per potong atau per helai pakaian.
Di tahun 2009 kita melihat hampir disetiap jalan utama maupun jalan-jalan kecil di perumahan muncul laundry kiloan. Target pasar laundry kiloan semakin meluas, bukan lagi para mahasiswa dan pelajar ,melainkan rumah tangga-rumah tangga.
Didukung pula sulitnya mencari pembantu rumah tangga di era sekarang, dimana para pembantu rumah tangga lebih memilih menjadi Tenaga Kerja Indonesia ke luar negeri dibanding menjadi pembantu rumah tangga, Laundry Kiloan dirasakan menjadi kebutuhan rumah tangga di era modern.
Kepadatan penduduk yaitu “baby boomers” populasi juga membuat bisnis laundry kiloan ini semakin “menggeliat”. Akibat “Baby Boomers” bukan saja space/ruang di suatu rumah menjadi sempit sehingga tidak memungkinkan kita menjemur pakaian, tetapi juga menyebabkan kemacetan dimana-dimana, Apa efek kemacetan dengan bisnis laundry kiloan ini? Segmen market pekerja pun di “sikat” oleh bisnis laundry kiloan, para pekerja berangkat pagi dan harus pulang larut malam, hingga hampir tidak ada waktu untuk mengurusi urusan cuci mencuci, terutama pekerja atau karyawan di kota-kota besar seperti Jakarta.
Dan yang terutama menopang bisnis/usaha laundry kiloan ini menjadi bisnis yang menjanjikan dan dapat bertahan di situasi ekonomi apapun adalah kebutuhan mencuci pakaian tiap hari, di berbagai tingkat kalangan apapun, sekalipun kalangan atas mampu membeli mesin cuci secanggih apapun, sampai detik ini belum ada mesin cuci yang bisa sekaligus menyetrika pakaian, tanpa menggunakan tenaga manusia.
ANALISA BISNIS
Pandangan Konsumen Laundry Kiloan
1. Laundry Kiloan Vs Laundry Satuan ( Perbandingan Laundry Kiloan dan Laundry Satuan )
Aspek Harga
*Rata-Rata untuk satu potong/helai pakaian jika kita mencucikannya di Laundry Satuan berkisar Rp 5000,00 – Rp 15.000,00
*Rata-Rata untuk (1)kilogram pakaian jika kita mencucikannya di Laundry Kiloan berkisar Rp 3500,00- Rp 8000,00
Untuk (1) satu kilogram pakaian (asumsi kemeja) berjumlah 8-12 Potong.
Maka jika harga jasa cuci | Laundry Satuan Rp 10.000,00 per potong, untuk mencucikan 10 potong kemeja, total Rupiah yang kita bayarkan adalah Rp 100.000,00
Bandingkan dengan mencuci di Laundry Kiloan, jika 10 potong kemeja tersebut ditimbang beratnya (1) kilogram, maka total Rupiah yang kita bayarkan hanya Rp 8000,00
2. Laundry Kiloan Vs Pembantu Rumah Tangga
Kelebihan Laundry Kiloan:
- Tidak perlu menggaji pembantu rumah tangga
- Tidak perlu memberi uang makan pada pembantu rumah tangga
- Tidak perlu repot membeli deterjen, pemutih, pewangi atau kimia laundry lainnya
- Hemat Listrik
- Hemat Air
- Hemat space/ruangan karena tidak perlu membeli mesin cuci dan menyediakan space/ruang untuk menjemur pakaian.
Sehingga “images” masyarakat mencuci di Laundry adalah sesuatu hal yang berhubungan dengan kata “Mahal” dan “Exclusive” sehingga hanya menjangkau kalangan kelas menengah ke bawah, tetapi semenjak tahun 2005 munculnya laundry kiloan memberikan warna baru dalam pandangan/images masyarakat terhadap laundry, Justru Laundry Kiloan awalnya membidik pasar/market Mahasiswa/Pelajar di kota- kota Pelajar, seperti Yogyakarta, Malang,dll
Demand/Permintaan Pasar terhadap kebutuhan jasa laundry kiloan ini pun meningkat, dari berbagai segi/aspek/hal jika diperhitungkan baik-baik, lebih “menguntungkan” mencuci di laundry kiloan dibanding mencuci sendiri di rumah dan menggunakan pembantu, seperti data diatas
Persaingan di bidang bisnis ini semakin ketat, dikarenakan keuntungan yang dihasilkan dari bisnis ini melebih 100% rata-rata, karena bisnis ini kategori bidang jasa. Untuk itu diperlukan konsistensi dalam pelayanan terhadap konsumen/customer/pelanggannya.
Pemilihan Kimia Laundry Kiloan yang tepat Mesin Cuci Kiloan yang effisien dan terjangkau, sertaPeralatan Laundry Kiloan dan Perlengkapan Laundry Kiloan yang mendukung sangat diperlukan dalam Bertahan di DUNIA BISNIS LAUNDRY KILOAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar